Biografi Michael Jackson

Biografi Michael Jackson

Michael Jackson

Michael Joseph Jackson lahir pada tanggal 29 Agustus 1958 di Gary, Indiana, dari orang tuanya yang bernama Joseph Walter "Joe" Jackson dan Katherine Esther Scruse , mereka keturunan Afrika-Amerika . Ia adalah anak ke-7 dari 9 bersaudara. Saudaranya antara lain Rebbie, Jackie, Tito, Jermaine, La Toya, Marlon, Randy, dan Janet. Jackson pernah menyatakan bahwa sejak kecil ia mengalami kekerasan dari ayahnya, baik secara fisik maupun mental, seperti latihan yang tak henti-henti, cambuk, dan memanggilnya dengan panggilan kasar. Namun demikian, ia juga mengakui bahwa kedisiplinan yang diterapkan ayahnya membawa pengaruh besar bagi kesuksesannya. Pertama kali Michael Jackson membicarakan masalah kecilnya ialah ketika ia diwawancara oleh Oprah Winfrey pada tahun 1993. Ketika itu ia berkata bahwa masa kecilnya, ia sering menangis kesepian dan kadang-kadang muntah ketika melihat ayahnya pada acara Living with Michael Jackson (2003), dan ia pun terlihat menangis sembari menutupi wajahnya ketika itu. Bakat bermusiknya sudah terlihat sejak ia berusia belia ketika ia menyanyi di depan teman-teman sekelasnya pada resital Natal di usia lima tahun.
Pada tahun 1964, Michael dan Marlon bergabung dengan the Jackson Brothers—sebuah band yang didirikan oleh saudara-saudaranya: Jackie, Tito, dan Jermaine—sebagai musisi pendukung, Michael memainkan congas sementara Marlon tambourine. Beberapa lama kemudian, ia mulai mengambil peran sebagai penyanyi latar dan ikut menari. Dan akhirnya pada umur 8 tahun, ia dan Jermaine menjadi penyanyi utama, dan nama kelompok musik ini diganti menjadi The Jackson 5. Band ini melakukan tur di bagian tengah Amerika Serikat secara ekstensif pada tahun 1966 hingga 1968. Pada tahun 1966, mereka memenangi beberapa acara pencari bakat tingkat lokal.
The Jackson 5 telah merekam berbagai lagu, termasuk "Big Boy", untuk label rekaman lokal Steelwotn pada tahun 1967 dan menandatangani kontrak dnegan Motown Records pada tahun 1968. Majalah Rolling Stone ketika itu menggambarkan Michael Jackson sebagai "sebuah keajaiban" (prodigy) dengan "bakat musik yang luar biasa". The Jackson 5 mulai masuk pada chart ketika empat single pertamanya ("I Want You Back", "ABC", "The Love You Save," dan "I'l Be There") menempati tangga pertama pada Billboard Hot 100.
Pada masa awal The Jackson 5, bagian relasi publik Mowton mengklaim bahwa Michael berumur 9 tahun, meskipun sebenarnya ia berumur 11 tahun ketika itu. Mulai tahun 1972, Michael merilis empat album solo dengan Motwon, di antaranya Got to Be There dan Ben.
Pada tahun 1975 The Jackson 5 merubah namanya menjadi The Jackson dan menandatangani kontrak baru dengan Epic Records, mereka berhasil merilis enam album dari tahun 1976 sampai 1984, dimana Michael Jackson menciptakan sebagian besar dari lagu lagunya. Hits nya antara lain "Can You Feel It", "Shake Your Body (Down to the Ground)", dan "This Place Hotel". Merekapun memiliki TV Show sendiri yang bernama " The Jackson", yang siar dari tahun 1976 sampai 1977.
Jackson mengalami kecelakaan yang mencuri perhatian publik dan mendatangkan banyak simpati padanya pada 27 Januari 1984 dalam proses pembuatan iklan Pepsi Cola di Shrine Auditoriam, Los Angeles. Ia mengalami luka bakar tingkat dua di kulit kepalanya setelah rambutnya terbakar. Dan untuk mengobati luka bakarnya ini, Jackson memberikan $1,5 juta kepada Brotman Medical Center di Culver City, California, sehingga rumah sakit itu dapat membeli peralatan penyembuhan luka bakar berteknologi paling tinggi kala itu. Oleh karena kejadian itupun, Brotman kemudian mengubah nama kamar perawatan luka bakarnya menjadi "Michael Jackson Burn Center" untuk menghormati Jackson. Setelah kejadian ini, Jackson mulai memperhatikan penampilan dan mengoperasi plastik hidungnya.

Pada dasarnya Jackson memiliki kulit coklat, namun sejak awal tahun 1980-an, ada perubahan warna dikulitnya menjadi semakin memutih.Perubahan pada warna kulit Michael memunculkan rumor-rumor, Menurut biografi yang ditulis oleh J. Randy Taraborrelli, pada tahun 1986, Jackson didiagnosis menderita vitiligo dan lupus penyakit vitiligo membuat kulitnya terlihat putih di beberapa bagian. Kedua penyakit ini mengakibatkan Jackson sensitif terhadap sinar matahari. Perawatan yang diberikan kepada Jackson untuk penyakitnya tersebut turut mengakibatnya kulitnya semakin memutih. Selain perubahan pada warna kulit, ia juga diketahui melakukan operasi plastik pada bagian hidung, jidat, bibir, dan tulang pipi.
Pasca vakum selama lima tahun, pada tahun 1987, Jackson merilis album Bad. Total penjualan album ini tidak setinggi album Thriller,namun tetap saja dapat dianggap sukses secara komersil, serta berhasil menelurkan tujuh hit single di Amerika Serikat, yang lima di antaranya adalah ("I Just Can't Stop Loving You", "Bad", "The Way You Make Me Feel", "Man in the Mirror" dan "Dirty Diana") dan Album ini terjual lebih dari 30 juta kopi di seluruh dunia.
 
Michael Jackson merencanakan untuk menggelar konser terakhirnya di O2 Arena London, konser ini ia namai This Is It Michael Jackson. Konser ini rencananya akan dilaksanakan tanggal 25 Juli 2009, namun satu bulan sebelumnya Michael Jackson meninggal dunia di rumahnya di Los Angeles pada hari Kamis, 25 Juni 2009, Pukul 14:26 waktu setempat.
Ia diduga mengalami gagal jantung sesaat setelah diberi suntikan demerol. Berita kematian Michael Jackson tersebar cepat di internet. Banyak situs web yang kewalahan menangani pengguna internet yang ingin mencari Informasi tentang kematian Jackson. Google sempat mengalami gangguan karena begitu banyaknya kata kunci "Michael Jackson" yang dimasukan. AOL Instant Messenger juga sempat mengalami gangguan selama 40 menit karena banyaknya pengguna yang menginformasikan kematian Jackson lewat AOL Instant Messenger.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar