Biografi Band Deep Purple

Deep Purple

Sejarah Band


Asal mula drup band Deep Purple merupakan kreasi dari Jon Lord. John Lord merupakan true composer untuk band ini, mayoritas dari lagu-lagu Deep Purple diciptakan olehnya, Jon Lord merupakan Roh dari band deep purple itu sendiri. Sebelumnya John Lord menjadi anggota band yang bernama The Flowerpot Man bareng rekan-rekan pemusik lainnya disana yakni, Chris Curtis dan Tony Edwards. Tony edwards adalah seorang pengusaha yang tengah mencoba untuk menjadi produser di industri musik kala itu.
Pada bulan Desember 1967, Curtis merekrut salah satu personil dari grup band yang bernama Neil Christian And The Crusaders, dia adalah Ritchie Blackmore. Awal pertemuan antara Lord dan Blackmore telah menghasilkan dua lagu yakni "The Address" dan "Mandrake Root". Setelah itu datanglah sang Bassist yang dulunya sama-sama rekan Lord di The Flowerpot Man yakni Mr. Nick Simper. Tak lama keduanya merekrut kembali Rod Evans sebagai Vokalis dan Ian Paice untuk mengisi posisi sebagai drummer. Ketika semuanya sudah terasa lengkap secara personil debuah band, lalu mereka menamai grup mereka Roundabout dan nama-nama lainnya yang pada waktu itu sempat di usulkan sebagai nama band mereka yakni "Orpheus","Concrete God", juga nama "Sugarlump", tak lama setelah itu, tepatnya pada bulan Maret tahun 1968 nama grup band mereka ganti dengan Deep Purple. Deep Purple adalah kelompok band hard rock dari Hertfordshire, Inggris yang dianggap sebagai salah satu pelopor musik heavy metal bersama dengan Led Zeppelin dan Black Sabbath.

Pergantian personil sampai sekarang


Pada tahun 1969, Simper dan Evans secara tiba-tiba dikeluarkan dari Deep Purple oleh Blackmore, Lord, dan Paice. Pengganti kedua personil itu didapat dari band yang bernama Episode Six yakni Ian Gillan serta Roger Glover, yang pada saat mereka perform di sebuah pub dilihat oleh Blackmore dan sangat terkesan akan keduanya.
Pergantian personil bari grup band Deep Purple terhitung sangat sering dan sampai saat ini sudah terhitung mengalami bongkar pasang personil hingga 8 kali perubahan. Dari awal bulan maret 2002 sampai dengan sekarang, grup band Deep Purple terlihat stabil dan belum lagi mengalami pergantian personil di dalamnya, personil mereka hingga saat ini yakni, Ian Gillan (Vokal), Roger Glover (Bas + Vokal latar), Don Airey (Keyboard), Ian Paice (Drum) dan Steve Morse (Gitar + Vokal latar).

Sebelumnya : Diskografi Panbers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar