Biografi Vina Panduwinata

Biografi Vina Panduwinata

Sejarah Vina

Vina Panduwinata lahir di Bogor pada tanggal 6 Agustus 1959, bernama aslinya adalah Vina Dewi Sastaviyana Panduwinata, dia merupakan salah satu diva musik pop Indonesia. Vina dibesarkan dalam keluarga pecinta musik, Burung Camar merupakan Lagunya vina yang paling populer. Bakat menyanyi Vina merupakan turunan dari sang ibu (Albertine Supit) yang berdarah Ambon - Manado.
Saat memasuki masa SMA, Vina pindah dan menetap di Jerman Barat. Di sana dia sempat belajar di Sekolah Musik Yamaha selama empat tahun. Vina pun pernah membuat rekaman single di perusahaan rekaman RCA Hamburg, Jerman, yaitu Java dan Single Bar (1978) dan Sorry Sorry dan Touch Me (1979).
Vina dperkenalkan namanya di belantika musik Tanah Air dengan album perdananya rilis di tahun 1981 yang
berjudul Citra Biru dibawah label Jackson Records.  Album kedua dirilis setahun kemudian bertajuk Citra Pesona, di album ini Vina melibatkan pencipta lagu seperti Dodo Zakaria, James F Sundah, plus penata musik Addie M.S. Dan di Album inilah namanya mulai melejit dengan lagu-lagu hits-nya yang antara lain
"September Ceria", "Dunia yang Kudamba", "Resah", dan "Kasmaran".
Album ketiga Citra Ceria (1984) pun berhasil merengkuh simpati dengan lagu "Di Dadaku Ada Kamu", "Duniaku Tersenyum", dan "Di antara Kita". Di tahun 1985Vina merilis albumnya Burung Camar, Album inilah yang membuat Vina Panduwinata lebih populer di belantika musik Indonesia, sampai-sampai dirinya dijuluki dengan sebutan 'Vina si Burung Camar', karena lagunya yang berjudul Burung Camar di album tersebut. Tahun 1987 Vina tetap prima lewat album Cium Pipiku yang memuat lagu populer seperti "Cium Pipiku", "Surat Cinta", "Biru", dan "Logika".

Memasuki Tahun 90'an



Era 1990-an, Vina tetap populer lewat lagu seperti "Rasa Sayang Itu Ada" pada 1991. Vina juga pernah diduetkan dengan Broery Pesulima dalam lagu "Bahasa Cinta". Vina juga memopulerkan lagu ciptaan Loka M Prawiro yang berjudul "Aku Makin Cinta".
Perjalanan panjang bermusik Vina menjadi lengkap saat Anugerah Musik Indonesia (AMI) memberi penghargaan Lifetime Achievement 2006. Vina mendapatkan penghargaan tersebut atas dedikasi dan prestasinya sepanjang hidupnya yang diperuntukan bagi musik. Selain itu, saat ini Vina aktif sebagai juri di Indonesia's Got Talent di Indosiar.

Sebelumnya : Diskografi KISS

Selanjutnya : Diskografi Vina Panduwinata

1 komentar:

  1. Vina Panduwinata - Singles Bar
    https://www.youtube.com/watch?v=idqH3DucDVk

    BalasHapus