Biografi Limpbizkit

Biografi Limpbizkit

Sejarah Band


Pada awalnya band satu ini bernama "Lethal Injection", namun dalam waktu singkat nama band dilafalkan dengan huruf kelis yang bertuliskan "limpbizkit" dan berujung pada pergantian nama band menjadi tulisan tersebut. Limp Bizkit dan Korn merupakan pelopor dari genre musik baru nu metal, hip metal. Limpbizkit dibentuk oleh Fred Durst (vokal), Sam Rivers (bass), Wes Borland (lead gitar), John Otto (drum), dan sepupunya Sam Rivers yaitu DJ Lethal pada tahun 1994. Pada tahun 1996 Limpbizkit merilis tiga album demo yang berisikan lagu-lagu yang antara lain, Pollution, Counterfeit, dan Sour dimana Fred Durst memberikannya pada Ross Robinson yang pada waktu itu bekerja dengan Korn.

Karir Profesional



Album debut profesional Limp Bizkit dibuat dan dirilis pada tahun 1997 dengan titel "Three Dollar Bill Y'all",
namun tidak terbilang sukses dalam hal penjualannya, sampai Limp Bizkit membuat asosiasi dengan band Korn yang terlebih dahulu sukses besar. Terkait dengan kesuksesan asosiasi mereka dengan Korn, kemudian merekan mempromosikan musik mereka dengan kemunculannya di MTV The Family Values Tour dan Ozzfest, dimana kostum dan penampilan Borland membuat kesan yang menyita perhatian penggemarnya.
Pada tahun 1999,Limp Bizkit merilis album kedua mereka, Significant Other. Singel hit pertama “Nookie,”
menjadi hit yang paling menghentak. Pada musim panas 1999,Limp Bizkit bermain di Woodstock '99 dan berujung pada sebuah kontroversi dalam penampilannya disana. Pada tahun 2000 Limp Bizkit merilis album ke tiganya yang bertitel "Chocolate Starfish and the Hot Dog Flavored Water". Dua singel yang ada didalamnya yaitu “My Generation” and “Rollin' (Air Raid Vehicle)’” dirilis bersamaan. Durst menyatakan taktik ini akan menghasilkan sukses album ini. Perkiraan dia sangat akurat, dimana kedua singel ini menjadi hit. Sebuah remix dari “Rollin’” berjudul "Rollin' (Air Raid Vehicle)" (berkolaborasi dengan Method Man, Redman dan DMX) menjadi minor hit untuk klub. Album ini telah terjual 1.055.256 kopi pada minggu pertama, suatu rekor untuk sebuah album rock, dan total terjual 6.5 juta kopi di seluruh dunia.
Kadang-kadang, genre yang dimainkan dari band ini adalah apa yang dikenal sebagai rage rock, suatu genre musik yang dipromosikan secara khusus oleh Viacom, pemilik saluran musik terkenal Amerika, MTV, untuk kalangan remaja. Istilah rage rock pertama kali digunakan untuk menggambarkan beberapa aksinya di Woodstock '99. Wes Borland telah ikut serta dalam tiga album pertama mereka dan keluar pada tahun 2001, dan digantikan oleh gitaris Mike Smith yang sebelumnya anggota band Snot, namun Borlan kembali lagi bergabung ke Limpbizkit pada bulan Agustus 2004.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar