Biografi Eric Clapton

Biografi Eric Clapton

Eric Patrick Clapton lahir di Ripley, Surrey, England pada tanggal 30 Maret 1945, dia adalah gitaris sekaligus penyanyi, pencipta lagu, dan komponis asal Inggris yang pernah memenangi Grammy Award. Dia dijuluki"Slowhand" dan sebagai salah seorang musisi paling sukses pada abad ke-20 dan abad ke-21, Musisi seperti Albert King, B. B. King, dan Muddy Waters adalah Musisi yang menjadi influence dalam karir bermusiknya dan begitupun dengan karya-karyanya yang sudah dia buat.

Awal Karir

Dari awal karir, ia menggunakan gitar Fender Stratocaster sebagai senjata utamanya. Kini bahkan ia dikontrak oleh Fender sebagai salah satu artis penggunanya dan juga dibuatkan Stratocaster signaturenya.
Meski pada masa-masa pertama ia terkenal sebagai seorang blueser, namun pada era tahun 90an tampaknya ia mulai banyak mengadaptasi musik pop ke dalam karya-karyanya. Namun nuansa blues tetap bisa kita dapatkan. Lagu-lagu hits darinya antara lain Layla, Running On Faith, My Father Eyes, Bad Love, Tears In Heaven, Wonderful Tonight, Change The World, Motherless Child, dll. Namanya diabadikan di museum Rock and Roll Hall of Fame sebanyak 3 kali. Penggemar dan kritikus musik menyanjungnya sebagai gitaris terbesar sepanjang zaman. Menempati urutan ke-4 dalam daftar Gitaris Terbesar Sepanjang Masa yang diumumkan majalah Rolling Stone. Selain itu, namanya juga masuk ke dalam daftar "100 Artis Terbesar Sepanjang Zaman".

Gaya Musik


Clapton dikenal memiliki gaya bermusik yang sangat bervariasi, mayoritas karyanya berbasic Blues. Selain itu, nama Clapton dicatat dalam sejarah musik sebagai pencetus aliran blues-rock (bersama John Mayall & the Bluesbreakers dan The Yardbirds) serta psychedelic rock (sewaktu bersama grup musik Cream). Bukan hanya itu saja, lagu-lagu Clapton sukses dalam tangga lagu berbagai aliran, mulai dari delta blues
(Me and Mr. Johnson) hingga kategori musik pop ("Change the World"), Clapton pun jadi populer dengan lagunya "Layla" sewaktu bersama band Derek and the Dominos.

Sebelumnya : Diskografi Jimi Hendrix

Selanjutnya : Diskografi Eric Clapton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar