Biografi Metallica

Biografi Metallica

Sejarah Metallica

Awalnya Metallica bernama The Young of Metal Attack, nama Metallica sendiri sebenarnya usulan dari Lars Ulrich untuk dicatat sebuah majalah musik. Metallica lahir di kota Los Angeles, Amerika Serikat, dengan formasi awal Lars Ulrich (drummer), Lloyd Grant (gitaris), James Hetfield (vocalis dan rhytme gitar), dan Roy Mc Govney (bass). Formasi inilah yang kemudian melahirkan lagu pertama berjudul Hit The Light, yang kemudian masuk album kompilasi rock Metal Massacre tahun 1981.
Lloyd dan Govney memutuskan keluar dari Metallica setelah album kompilasi tersebut beredar, dan posisi mereka masing-masing digantikan oleh Dave Mustaine (Gitar) dan Cliff Burton (bass). Setelah pergantian tersebut kemudian Metallica merilis album demo yang berjudul No Life Till Leather, dan album ini telah mengantarkan Metallica untuk mendapatkan agen musik untuk hijrah ke New York, Amerika Serikat pada bulan juli 1982.
Pada tahun 1983 mengalami perselisihan di intern band, tepatnya perselisihan antara James Hetfield dan
Mustaine yang alhasil dari perselisihan tersebut berbuntut keluarnya Dave Mustaine dari Metallica dan
mendirikan band lain yang bernama Megadeth. kekosongan untuk posisi gitaris pada akhirnya di isi oleh
gitaris asal band Exodus yang bernama Kirk Hammett dan bersama dengan Hammett, Metallica berhasil membuat album yang berjudul Kill'Em All di bulan Mei 1983.
Pada tahun 1984, Metallica semakin melejitkan namanya dengan merilis album Ride The Lightning yang
bertahan 50 minggu dalam Billboard Top 200 dan Demi memperlancar promosinya mereka juga merilis
mini album yang berjudul Jump In The Fire. Album Master Of Puppets rilis pada bulan September 1985, Album ini berhasil membawa Metallica masuk Billboard Top 40 selama 72 minggu.
Tanggal 27 September 1986 Cliff Burton meninggal dunia karena kecelakaan bus ketika bus yang mereka tumpangi dalam perjalanan tur ke Skandinavia mengalami kecelakaan. Dan untuk posisi bass yang ditinggalkan Cliff Burton, Metallica memboyong bassist dari grup Floatsam And Jetsam yang bernama Jason Newsted. Bersama dengan Jason, Metallica kembali merilis Album ...And Justice For All yang beredar pada bulan September 1988. Disinilah Metallica mulai mengeluarkan video klip dan Video pertama mereka waktu itu adalah lagunya yang berjudul One, alhasil video ini pun mencapai nomor 1 di MTV. Akhir 1990 album Metallica direkam. Album ini membuat Metallica mencapai penjualan quadruple platinum dan menjadi album nomor satu di delapan negara Amerika dan Eropa.

 

Formasi Band Saat Ini


Serta meraih penghargaan Grammy Award, kategori Penampil Metal Terbaik dua tahun berturut-turut. Setelah Album ini Metallica mengalami ke vacuman untuk berkarya kembali, hal inilah yang menjadi alasan dari Basis jason Newsted untuk mengundurkan diri dari band dan digantikan oleh Robert Trujillo. Formasi Metallica saat ini  beranggotakan Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Kirk Hammett (gitar) dan Robert Trujillo (bass).

Sebelumnya : Diskografi Van Halen

Selanjutnya : Diskografi Metallica

Tidak ada komentar:

Posting Komentar