Biografi Jimi Hendrix

Biografi Jimi Hendrix

Sejarah Jimi Hendrix

Johnny Allen Hendricks atau Jimi Hendrix lahir di King Country Hospital, Seattle, Washington pada 27 november 1942. Awal mulanya pada tahun 1952, sang ibu meninggal dunia dan Jimi masih berusia 10 tahun. Sejak saat itu, hal ini membuat Jimi sangat terpukul dan menjadi pemurung.
Karena kasihan melihat Jimi yang tak kunjung berhenti bersedih, ayahnya lalu membelikan Jimi sebuah gitar akustik sebagai hadiah ulang tahun ke-12. Gitar itu dibeli dari seorang kawannya seharga 5 dollar dengan harapan ketika jimi bermain gitar, Jimi bisa melupakan kepedihan pasca ditinggal ibunya dan ternyata apa yang diharapkan ayahnya tersebut berhasil, sedikit demi sedikit jimi mulai mampu melupakan kepedihan semenjak ditinggal pergi oleh ibunya. Apalagi tiga bulan kemudian, Jimi dibelikan lagi sebuah gitar listrik Supro Ozark 160S oleh Alex. Eksplorasi musiknya pun menjadi lebih luas dan Jimi pun membentuk sebuah band dengan nama Velvetone. Sejak remaja Jimi punya kegemaran mendengarkan lagu-lagu milik musisi blues beken seperti B.B. King, Elmore James dan milik para musisi rock n' roll seperti Chuck Berry dan Eddie Cochran. Lagu 'Rock And Roll Music' dari Chuck Berry termasuk lagu yang paling sering dibawakan Hendrix. Bahkan kemudian B.B. King memberi penghormatan kepadanya dengan mengabadikan nama ibu Hendrix, Lucille pada gitar Gibsonnya.

Awal Berkarir


Jimi mulai berkarir di musik tahun 1960, saat ia menjadi anggota sebuah band bernama Rocking Kings dan mulai sering manggung di tempat konser seputar Seattle.Tahun 1963, Hendrix pindah lagi ke Tennessee, dan di kampungnya Elvis Presley ini, ia bermain dengan sederet nama top waktu itu seperti Little Richard,
Hank Ballard dan The Supremes dan juga ikutan di dua single-nya Lonnie Youngblood.
Merasa kurang bisa mengembangkan karirnya Hendrix pindah lagi dan kali ini ke New York, disana ia bermain bersama dengan Isley Brothers, sepanjang tahun 1964, termasuk untuk rekamannya di studio.
Pada tahun berikutnya 1966, Hendrix mulai menemukan jati dirinya yang sesungguhnya.
Ia membangun bandnya sendiri dengan nama Jimmy James & The Blue Flames. ketika perform di CafĂ© Wha! di Greenwich Village, New York, penampilannya dilihat oleh Linda Keith yang sekaligus merupakan kekasih Keith Richards (gitaris Rolling Stones), dan atas ketertarikannya tersebut kemudian Linda Keith mengajak Hendrix mengembangkan karir di London. Di London, Chandler lalu mencarikan Hendrix dua 'pengawal' tangguh untuk posisi drums dan bass. kemudian didapatlah Mitch Mitchell (Drummer) dan Noel Redding (Bassist). Dan untuk pertama kalinya mereka bertiga merekam lagu 'Stone Free' ciptaan Hendrix dan 'Hey Joe' karya Billy Roberts  di De Lane Lea Studio, London. Hendrix cs. mendapat kesempatan jumpa pers pertama pada tanggal 25 bulan itu juga. Bertempat di klab Bag O' Nails, London, mereka menampilkan repertoar yang biasa mereka bawakan dan tentunya 'Hey Joe' dan 'Stonefree' dan kalangan pers menanggapi positif penampilan mereka. Mereka bertiga lalu tampil di acara TV untuk pertama kalinya di penghujung tahun 1966 karena telah menandatangani kontrak empat tahun dengan Yameta Company.
Jimi Hendrix terus berkarya dan melakukan tour di berbagai negara dan kota, hingga pada akhirnya
meninggal di London, Inggris, 18 September 1970 pada umur 27 tahun.

Sebelumnya : Diskografi Uriah Heep

Selanjutnya : Diskografi Jimi Hendrix

Tidak ada komentar:

Posting Komentar