Biografi Band Led Zeppelin

Band Led Zeppelin

Led Zeppelin


Grup musik ini lahir di Inggris yang dibentuk pada bulan September tahun 1968. Personel band Led Zeppelin saat itu terdiri dari Jimmy Page (gitar), Robert Plant (vokal), John Paul Jones (bas) dan John Bonham (drummer). Musik-musik Led Zeppelin menonjolkan suara gitar yang keras dan berat dan dianggap sebagai salah satu band heavy metal pertama. Band ini juga tercatat tidak pernah merilis lagu single, kecuali dalam bentuk album. Alasannya, mereka lebih menyukai konsep musik rock berorientasi album. Lagu-lagu mereka yang paling populer diantaranya stairway to Heaven, Kashmir, Achilles Last Stand, Whole Lotta Love, Immigrant Song, Black Dog, When The Levee Breaks, Dazed And Confused, Since I've Been Lovin'You, dan Over The Hills And Far Aways. Sebagian besar lagu-lagu mereka merupakan interpretasi musik blues dan folk yang diberi nuansa rock, termasuk rockabilly, reggae, soul, funk, jazz, musik klasik, musik Kelt, musik India, musik Arab, musik pop, musik Amerika Latin, dan musik country.

Pasca Bubar


Led Zeppelin kemudian bubar setelah pemain drum John Bonham meninggal pada 1980.
Singkat cerita pada saat konser tanggal 27 Juni 1980 di Nuremberg, Jerman John Bonham (drum) tiba-tiba jatuh pingsan disebabkan oleh kelebihan alkohol dan obat-obatan dan dinyatakan telah meninggal, beliau dikremasi pada tanggal 10 Oktober 1980, abunya dimakamkan di gereja Paroki Rushock di Droitwich, Inggris.
Sementara itu, Pada 10 Desember 2007, tiga orang anggota Led Zeppelin mengadakan konser
reuni yang dipersembahkan untuk Ahmet Ertegün di The O2, London, yang disaksikan oleh 20.000 penonton pada waktu itu. Meskipun telah bubar namun musik-musiknya melegenda dan tetap dicintai oleh para pengemarnya. Bahkan album Led Zeppelin tercatat telah terjual lebih dari 300 juta keping sampai sekarang ini. Di antaranya, 109,5 juta keping laku di Amerika Serikat, dan menjadi satu-satunya grup musik yang berhasil menempatkan semua albumnya ke dalam urutan Top 10 tangga album Billboard. Selain itu, Led Zeppelin menempati urutan nomor satu dalam daftar 100 Artis Hard Rock Terbesar (100 Greatest Artists of Hard Rock) versi VH1.

Sebelumnya : Diskografi Deep Purple

Tidak ada komentar:

Posting Komentar