Biografi Van Halen

Biografi Van Halen

Biografi

Van Halen dibentuk pada tahun 1972 di Pasadena, California, Amerika Serikat. Lewat album debut mereka yang fenomenal di tahun 1978, Van Halen langsung menerobos kejajaran atas band-band rock didunia dengan menyuguhkan olahan musik rock gaya baru yang lebih menonjolkan paduan aransemen lagu yang memikat dengan skill permainan gitar yang sangat inovatif. Van Halen yang beranggotakan Michael Anthony (bass), Alex Van Halen (drum), dan David Lee Roth (vocal), dan Eddie Van Halen (gitar) berhasil menggiring Van Halen menjadi band rock  paling populer di Amerika di era 70-an hingga akhir 80-an.
Menurut Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA), Van Halen merupakan salah satu band dengan penjualan terbaik sepanjang sejarah AS. Di negeri itu tercatat 56 juta album berhasil mereka jual. Sementara di dunia, penjualan mencapai lebih dari 80 juta album.

 

Perubahan Formasi Band


Di tahun 1985 David Lee Roth memutuskan untuk keluar dari Van Halen. Posisinya digantikan oleh Sammy Hagar, veteran rock di tahun 70-an. Hagar bergabung sampai pertengahan tahun 90-an. Namun, seiring dengan keluarnya David Lee, penjualan album mulai menurun dan ketegangan antara Hagar dan Eddie mulai terlihat dan dengan kejadian itu Van halen pada akhirnya memutuskan untuk memecat Sammy Hagar, dan mengajak kembali David Lee Roth untuk gabung ke band, padahal waktu itu Van Halen hanya akan membuat proyek album greatest-hits.
pada  tahun 1997, Van Halen mencatatkan namanya di Rock and Roll Hall of Fame dan Museum atas prestasinya di dunia industri musik rock kala itu. Van Halen juga dikenal berkat inovasinya dalam bermusik,
Salah satunya datang dari pentolan band Eddie van Halen. Pria yang dinobatkan sebagai satu dari sejumlah gitaris paling berpengaruh di dunia pada abad 20 ini mampu mengembangkan beberapa teknik gitar baru yang salah satunya adalah tekhik finger tapping yang hingga kini masih diadopsi para musisi.

Selanjutnya : Diskografi Van Halen

Sebelumnya : Diskografi Iwan Fals

Tidak ada komentar:

Posting Komentar