Biografi Helloween

Biografi Helloween

Sejarah Band

Helloween adalah grup musik Power metal yang berasal dari Hamburg, Jerman. Band ini merupakan perintis
musik European Power metal pada tahun 1980-an. Dimulai pada tahun 1978, saat Kai Hansen (vokal/gitar), Piet Sielck (vokal/gitar), Markus Groskopf (bass) dan Ingo Schwichtenberg (drum), bermain dalam sebuah band bernama “Gentry” di Hamburg, namun kemudian pada tahun 1981 "Gentry" berganti nama menjadi “Second Hell”.
Tidak lama setelah nama bandnya diganti, Sielck memutuskan meninggalkan Second Hell untuk menjadi seorang sound engineer. Di tahun 1982 Michael Weikath, yang merupakan gitaris band lokal yang bernama “Powerfool”, mencoba bergabung dengan Kai dan bandnya. Pada tahun 1984, perusahaan studio rekaman kecil yang bernama "Noise" mengajak band ini untuk bergabung dalam pembuatan album kompilasi yang berjudul “Death Metal”. Baru setelah itu mereka berganti nama band mereka dengan naman “Helloween”, usulan nama dari Ingo Schwichtenberg, bersamaan dengan ide untuk mengganti maskot lamanya dengan sebuah labu dan untuk membuat proyek labu ke lagu-lagu yang lebih spesifik, yang mana kemudian akan menjadi ciri khasnya Helloween. Pada tahun 1985 Helloween Merilis mini album berisikan 5 Lagu Berjudul “Helloween”, dan pada bulan oktober keluarlah “Walls Of Jericho” yang berisikan “Metal Invaders” dalam versi yang sudah disempurnakan. Dan kemudian diikuti dengan sebuah EP berjudul “Judas”, album ini dibuat untuk mencoba studio “Horus” di Hamburg. Helloween sudah dapat menarik perhatian para media dan mendapat sambutan yang positif.
Album “Keeper Of The Seven Keys Part I” yang diprodeseri oleh Tommy Newton/Tommy Hansen mendapat banyak sambutan yang sangat antusias. Helloween bahkan mendapatkan kesuksesan di America dan Jepang dan bahkan sudah mempunyai fans yang banyak. Bagian keduanya dirilis tahun 1988 dengan judul “Keeper Of The Seven Keys Part II”, yang bahkan mejadikannya lebih sukses lagi dari yang diduga. Tour Dunia bertajuk “Pumpkins Fly Free” adalah tour tersukses mereka namun pada bulan Desember Kai Hansen meninggalkan band ini karena masalah pribadi dengan personil yang lain. Dibulan Januari 1989, Helloween menemukan pemain gitar pengganti bernama Roland Grapow (ex-Rampage) berasal dari Hamburg, yang ikut meyelesaikan tournya hingga selesai. Pada tahun 1991 single “Kids Of The Century” untuk album baru dirilis, yang berisikan sebuah pesan dari band ini tentang kevakuman mereka selama hampir 3 tahun dan kenapa mereka tidak dapat merilis album baru mereka selama persidangan masih berjalan. Album pertama dengan Grapow, “Pink Bubbles Go Ape”, menjadi kesuksesan mereka yang komersil tetapi tetap terlihat lebih rendah dari kesuksesan album sebelumnya.

Masa Penurunan Popularitas


Lalu mereka segera meluncurkan album “Chameleon” di awal tahun 1993, yang mana terlihat seperti sebuah reuni dengan produser lama mereka Tommy Hansen, tetapi album ini pun malah tidak mendapatkan kesuksesan sama sekali. Terlepas dari produksi album yang bagus dan banyaknya lagu-lagu yang berkualitas, hal ini menyebabkan Helloween kehilangan banyak fans, untuk beberapa fans mungkin dapat menerima musik baru Helloween yang mulai beraliran AOR dan mainstream rock, Yang hal ini tidak diharapkan dari musiknya Helloween.
Pada tanggal 31 Oktober 2005, Helloween merilis kelanjutan dari album Keeper yang legendaris berjudul
“Keeper of The Seven Keys - The Legacy”. Album ini membawa pengakuan yang luar biasa terhadap band ini dan dapat diterima dengan baik di seluruh dunia. Keseuksesan album ini dan tour yang berkelanjutan
sangat kuat dan band ini pun merilis DVD live kombo dan CD live Kombo. Akhirnya dibulan Oktober 2007 Helloween merilis kembali album terbaru mereka yang berjudul "Gambling With The Devil" dengan diikuti penggelaran tur dunia mereka yang bertemakan "Hellish Rock" World Tour 2007/2008.

Sebelumnya : Diskografi Power Metal

Selanjutnya : Diskografi Helloween

Tidak ada komentar:

Posting Komentar