Biografi Black Sabbath

Black Sabbath

Sejarah Band

Band ini tidak lahir seperti biasa dari band-band lainnya yang diawali oleh seorang motor atau penggerak
namun mereka dibentuk setelah setiap personilnya telah komplit dan semuanya ikut terlibat dalam pembentukannya. Black Sabbath lahir di kota Birmingham, Inggris pada tahun 1968, personil Black Sabbath terdiri dari Tony Iommi (gitaris), Geezer Butler (Bassist), Ozzy Osbourne (Vocalist), dan Bill Ward (Drummer). Band ini telah mengalami pergantian personil cukup sering namun yang terbilang paling konsisten adalah  gitarisnya yakni Iommi yang masih masih tetap eksis di band selama bertahun-tahun. Awalnya Black Sabbath dibentuk sebagai band  dengan genre rock blues, namun seiring berjalannya band mereka mulai menggabungkan tema gaib yang digabungkan dengan lirik yang bertema horror dan gitar disetel-down.
Meskipun mengadopsi kedua tema ini, namun tema dari setiap lirik-lirik lagu Black Sabbath juga tak tak lepas dari berurusan dengan ketidakstabilan sosial, korupsi politik, bahaya narkoba dan perang.
Ozzy Osbourne  dipecat dari band pada tahun 1979 karena penyalahgunaan narkoba dan alkohol.
Ia digantikan oleh mantan vokalis Rainbow Ronnie James Dio. Setelah membuat dua album dengan vokalis Dio, Black Sabbath mengalami perubahan personil yang tak terhitung jumlahnya di tahun 1980-an dan 1990-an termasuk vokalis Ian Gillan, Glenn Hughes, Ray Gillen dan Tony Martin, serta beberapa drumer dan pemain bass terlibat didalamnya.

Prestasi


Sabbath sering disebut-sebut sebagai pelopor musik heavy metal bersama band sebayanya Deep Purple dan Led Zeppelin. Band ini membantu menentukan genre tersebut dengan merilis album-album mereka seperti Black Sabbath (1970), Paranoid (1970) dan Master of Reality (1971). Band ini dianugrahi oleh MTV sebagai "Greatest Metal Band" sepanjang masa, dan dalam daftar VH1 menempati posisi kedua dalam "100 Greatest Artists of Hard Rock". Di majalah Rolling Stone peringkat mereka ada pada nomor 85
di "100 Greatest Artists of All Time". Mereka telah menjual lebih dari 70 juta album di seluruh dunia. Black Sabbath telah dilantik ke Music Hall of Fame Inggris pada tahun 2005 dan Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2006. Mereka juga telah memenangkan dua Grammy Awards untuk Best Metal Performance.

Sebelumnya : Diskografi Band Led Zeppelin

Selanjutnya : Diskografi Black Sabbath

1 komentar:

  1. Ada yang terlewatkan, Biografi & Diskografi dari Supergroup :
    1.Grand Funk Railroad
    2.Ten Years After
    3.Uriah Heep
    4.Emerson Lake & Palmer
    5.Humble Pie
    6.Lucifer's Friend

    BalasHapus