Biografi Uriah Heep

Biografi Uriah Heep

Sejarah Band


Uriah Heep lahir di Inggris pada tahun 1969. Sebelum menjadi Uriah Heep, band ini awalnya bernama Spice
setelah produser rekaman Gerry Bron mempertemukan Mick Box sang gitaris dan David Byron sebagai vokalis dengan pemain keyboard Ken Hensley dan Paul Newton sang bassist dan dengan tambahan Alex Napier pada drum.
Mereka meraih 2 piringan emas di Amerika Serikat dari album Demons and Wizards (1972) dan The Magician's Birthday Pada tahun 1972, dengan lagu-lagu mereka yang populer yakni "July Morning",
"Come Away Melinda", "Easy Livin'", dan "Sweet Lorraine". Uriah Heep bergenre rock progresif, hard rock, heavy metal, art rock kala itu, pada album perdana yaitu Very 'Eavy... Very 'Umble menonjolkan harmonisasi permainan gitar dan organ Hammond ditambah vokal vibrato David Byron. Judul album perdana mereka berasal dari frasa very umble yang diucapkan tokoh Uriah Heep dalam novel berjudul David Copperfield karya Charles Dickens. Tokoh yang sama juga menjadi inspirasi nama band mereka.
Pada album ke-4 Gary Paul Newton digantikan oleh Gari Thain yang berasal dariSelandia Baru
untuk menggantikan posisi bassist. Setelah merilis album ke-7 mereka tepatnya pada tanggal 8 Desember 1975 Thain ditemukan meninggal dunia di usia 27 tahun,  akibat overdosis heroin dan Posisinya digantikan oleh John Wetton mantan pemain bass Family. David Byron dipecat pada bulan Juli 1976 karena dirinya sudah berubah menjadi seorang pemabuk. Tidak lama kemudian, John Wetton menyatakan untuk mengikuti langkah David Byron untuk meninggalkan Uriah Heep.

Revolusi Formasi Baru


Mick Box membubarkan Uriah Heep pada tahun 1981 dengan membentuk formasi baru yang berisi John Sinclair (Keyboard), Pete Goalby (vokalis), Bob Daisley (bassist), dan Lee Kerslake (Drummer). Hasilnya, pada tahun berikutnya mereka merilis album Abominog, dengan warna musik yang berubah menjadi adult oriented rock (AOR), dan album ini laris dipasaran. David Byron ditemukan meninggal dunia karena serangan jantung, 28 Februari 1985. Byron yang masih berusia 38 tahun, sejak lama menjadi pecandu alkohol. Formasi yang dibentuk Mick Box pada tahun 1986 bertahan hingga tahun 2007.
Di awal tahun 2007, pemain drum Lee Kerslake mengundurkan diri karena sakit. Sebagai pengganti Kerslake, Uriah Heep pada 14 Maret 2007 mengumumkan Russell Gilbrook sebagai pemain drum baru.

Sebelumnya : Diskografi Black Sabbath

Tidak ada komentar:

Posting Komentar