Biografi Iwan Fals

Biografi Iwan Fals

Biografi

Iwan Fals yang bernama asli Virgiawan Listanto lahir di Jakarta, 3 September 1961, lewat lagu-lagunya yang mayoritas bertemakan suasana sosial kehidupan Indonesia pada akhir tahun 70'an hingga sekarang pada khususnya dan dunia pada umunya, dia merupakan seorang Penyanyi solo yang beraliran Balada, Pop, Rock, dan Country yang menjadi salah satu legenda di Indonesia. Kharisma seorang Iwan Fals sangat besar dan sangat dipuja oleh kaum 'akar rumput', kesederhanaannya menjadi panutan para penggemarnya yang tersebar di seluruh nusantara. Para penggemar fanatik Iwan Fals bahkan mendirikan sebuah yayasan pada tanggal 16 Agustus 1999 yang disebut Yayasan Orang Indonesia atau biasa dikenal dengan seruan OI.

Awal Karir


Datangnya ajakan untuk mengadu nasib di Jakarta dari seorang produser musik, Ia lalu menjual sepeda motornya untuk biaya membuat master. Iwan rekaman album pertama bersama rekan-rekannya, Toto Gunarto, Helmi Bahfen, dan Bambang Bule yang tergabung dalam Amburadul, dan merisi album perdananya yang berjudul Amburadul, namun album tersebut gagal di pasaran. Tak lama kemudian Setelah menjuarai di festival musik country, beliau menciptakan lagu-lagu humor yang sempat direkam bersama Pepeng, Krisna, dan Nana Krip serta diproduksi oleh ABC Records, namun lagi-lagi gagal dan hanya dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja.
Pada awal kariernya, Iwan Fals banyak membuat lagu yang bertema kritikan terhadap pemerintah. Beberapa lagu itu bahkan bisa dikategorikan terlalu keras pada masanya sehingga perusahaan rekaman yang memayungi Iwan Fals enggan untuk mengajaknya bekerja sama. Sampai pada akhirnya, Iwan memiliki kesempatan bekerja sama dengan Musica Studio dan barulah lagu-lagu Iwan digarap lebih serius sepeti salah satu contohnya Album Sarjana Muda yang kala itu musiknya ditangani oleh Willy Soemantri. Album Sarjana Muda ternyata banyak diminati dan Iwan mulai mendapatkan berbagai tawaran untuk bernyanyi. Ia kemudian sempat masuk televisi setelah tahun 1987 saat acara Manasuka Siaran Niaga disiarkan di TVRI.
Saat bergabung dengan kelompok SWAMI dan merilis album bertajuk SWAMI pada 1989, nama Iwan semakin meroket dengan mencetak hits Bento dan Bongkar yang sangat fenomenal. Perjalanan karier Iwan Fals terus menanjak ketika dia bergabung dengan Kantata Takwa pada 1990 yang didukung penuh oleh pengusaha Setiawan Djodi dan setelah kontraknya dengan Swami berakhir, Iwan Fals masih tetap merilis album-album solo maupun bersama kelompok seperti album Dalbo yang dikerjakan bersama sebagian mantan personel SWAMI.

Selanjutnya : Diskografi Iwan Fals

Sebelumnya : Diskografi God Bless


Tidak ada komentar:

Posting Komentar