Biografi God Bless

Biografi God Bless

Biografi

God Bless lahir pada tanggal 5 Mei 1973. Mereka adalah grup musik rock yang telah menjadi legenda di Indonesia. Dasawarsa 1970-an bisa dianggap sebagai tahun-tahun kejayaan mereka. Salah satu bukti nama besar mereka adalah sewaktu God Bless dipilih sebagai pembuka konser grup musik rock legendaris dunia, Deep Purple di Jakarta. God Bless merilis album perdananya pada tahun 1975, personel God Bless sendiri kala itu adalah Ahmad Albar (Vocal), Djusuf 'Ian' Antono (Lead Guitar), Donny Fattah Gagola (Bass), Jockie Surjoprajogo (keyboard), dan Teddy Sujaya (drum). Dalam perjalanan sebelum pembuatan album ke duanya, God Bless mengalami perubahan personil di posisi Keyboardis yang kala itu masih ditempati oleh Jockie Surjoprajogo. Beliau memutuskan untuk keluar dalam formasi band dan God Bless mempercayakan Abadi Soesman untuk mengisi posisi yang telah ditinggalkan tersebut. Setelah itu keluarlah Album kedua pada tahun 1980 dengan judul Cermin yang sebagian dari isi Album tersebut di isi oleh lagu-lagu seperti lagu Musisi, Anak Adam, Selamat Pagi Indonesia atau Sodom Gomorah. Album Cermin pun merupakan representasi dari pemberontakan God Bless terhadap dominasi industri rekaman ketika itu yang selalu mencekokkan komersialisme atas tuntutan pasar yang ketika itu sedang didominasi musik pop yang bertemakan cinta dalam pandangan secara sempit. Itu dibedakan dengan perbedaan dari Album perdananya, Album Cermin menghadirkan ramuan aransemen lagu-lagunya terkesan lebih rumit, disamping membutuhkan skill masing-masing personel yang tinggi juga kekompakan dalam memainkannya. pada tahun 1988 God Bless akhirnya melahirkan album come back Semut Hitam yang meledak di pasaran waktu itu, dengan hitsnya seperti Rumah Kita, Semut Hitam, atau Kehidupan. Setelah album Semut Hitam keluar, Ian Antono menyatakan keluar dari formasi God Bless, posisinya kemudian digantikan oleh gitaris muda berbakat, Eet Sjahranie. Setelah masuknya Eet Sjahranie, pada tahun 1989 dirilislah album berjudul Raksasa dengan hits
Menjilat Matahari, Maret 1989, atau Misteri. Eet Sjahranie berhasil me-refresh sound gitar Ian Antono dan menjadikan God Bless lebih agresif.

Masa Reunian Band


Pada tahun 1997, God Bless melakukan reunian di kawasan puncak yang pada waktu itu menghadirkan
kembali Ian antono dan melibatkannya dalam pembuatan album Apa Kabar, namun tidak lama setelah itu
Eet Sjahranie memutuskan untuk keluar dari God Bless dan memutuskan untuk bergabung di Edane. Walau tidak banyak merilis album, God Bless, dianggap merupakan legenda grup musik rock Indonesia karena dianggap sebagai pelopor yang memiliki kualitas bermusik tinggi.

Sebelumnya : Diskografi Gary Moore

Selanjutnya : Diskografi God Bless

Tidak ada komentar:

Posting Komentar