Biografi Pantera

Biografi Pantera

Sejarah Band

Pantera adalah sebuah band yang berasal dari Arlington, Texas, Amerika Serikat. Genre musik mereka masuk dalam kategori heavy metal, namun mereka sering disebut sebagai salah satu pelopor genre musik groove metal. Pantera dibentuk pada tahun 1981. Formasi mereka antara lain, Philip Anselmo (Vocals), Dimebag Darrell (Guitars and backing vocals), Vinnie Paul (Drums), dan Rex Brown (Bass).
Pantera tidak menjadi merintis band dari bawah, mereka menikmati popularitasnya setelah 9 tahun menjalani
karirnya sebagai sebuah band. Album pertama mereka yang berjudul "Cowboys from Hell", rilisnya album inilah yang membuat kepopularitasan mereka meningkat pesat. Sebelumnya Pantera hanyalah sebuah grup band glam rock dengan berbekal empat album studio yang kurang mendapatkan apresiasi dari penikmat musik. Oleh karenanya keempat album ini sekarang tidak lagi beredar dan tidak dianggap sebagai bagian resmi dari diskografi mereka.
Pada tahun 1990-an, Pantera melejit menjadi salah satu band Heavy Metal paling terkenal. Pantera menerima penghargaan peringkat 45 pada daftar VH1's " 100 Greatest Artists of Hard Rock " dan peringkat kelima di MTV " Top 10 Greatest Heavy Metal Bands of All-Time ".

Bubarnya Pantera


Pantera menyatakan pembubarannya secara resmi pada tahun 2003. Setiap anggota band masih mempunyai harapan untuk mendamaikan seluruh perbedaan diantara mereka dan mungkin penyatuan Pantera kembali, namun semua harapan itu sirna di tahun 2004 ketika "Dimebag" Darrell ditembak dan dibunuh di atas panggung di Alrosa Villa Columbus, Ohio oleh seorang psycho yang bernama Nathan Gale ketika melakukan konser dengan Vinnie dan band barunya, Damageplan.

Sebelumnya : Diskografi AC/DC

Selanjutnya : Diskografi Pantera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar