Biografi Gary Moore

Biografi Gary Moore

Biografi

Gary Moore atau Robert William Gary Moore lahir di kota Belfast, Irlandia Utara pada tanggal 4 April 1952, dan dibesarkan di Stormont, tepatnya di bagian timur Belfast.
Moore merupakan seorang legenda gitaris blues dan sekaligus menjadi vokal. Gary Moore memiliki karier bermusik solo yang sukses, hal itu ditunjukkan dengan pengalamannya yang telah bermain dengan artis terkemuka yang antara lain Thin Lizzy, BB King, Colosseum II, Greg Lake dan Skid Row. Ia melakukan solo gitar pada "She's My Baby" dari Traveling Wilburys Vol. 3.
pada usia 14 tahun, Moore mendapatkan gitarnya yang pertama, lalu ia belajar memainkan gitarnya dengan
menggunakan tangan kanan walaupun dia kidal. Pengaruh awal Moore dakam bermusik Moore adalah Elvis Presley dan The Beatles, namun setelah melihat Jimi Hendrix dan John Mayall's Bluesbreakers di Belfast, gayanya berubah dan berkembang menjadi Rock Blues yang menjadi genre tetap dari semua karyanya.
Pada tahun 1969 Moore bergabung dengan grup Skid Row dengan Bridgeman Noel dan Brendan "Brush" Shiels. Dengan grup ini Moore memperoleh reputasi dalam industri musik, dan hubungannya dengan Philip Lynott pun dimulai. Kemudian Gary Moore merilis album solo pertamanya pada tahun 1973, dengan iringan
Grinding Stone yang kala itu  disebut sebagai Gary Moore Band. Pada tahun 1978 melanjutkan karir solonya dengan bantuan dari Phil Lynott dan kombinasi antara keduanya tersebut ternyata berhasil  mencapai Top Ten di UK Singles Chart pada bulan April 1979 dan album Thin Lizzy, Black Rose A Rock Legend hit nomor dua. Pada tahun 1987, Moore bekerja sama dengan UK Charity Record merilis single "Let It Be", sebuah cover dari lagu The Beatles. Moore melakukan Solo Gitar dalam lagu cover tersebut. Pada tahun 1993, Moore ikut dilibatkan dalam rekaman album Rock Classics Vol. 1 dengan "Run To Your Mama", dan "Dark Side of the Moog". Moore kembali ke musik Blues dengan Still Got the Blues, dengan kontribusi dari Albert King, Albert Collins dan George Harrison. Album ini diterima dengan baik oleh para penggemar dan sukses besar.Moore tetap dengan format musik Blues hingga 1997, ketika ia memutuskan untuk bereksperimen dengan ketukan tari modern di Dark Days in Paradise ini meninggalkan banyak penggemar. Moore kembali ke Blues pada 2001, kemudian dilanjutkan dengan Power of the Blues (2004), Old New Ballads Blues (2006),Close As You Get (2007) dan album terbaru Bad For You Baby (2008).

Meninggal Dunia


Moore meninggal dunia saat sedang liburan, tepatnya di kamar hotel Costa del Sol di Spanyol hari minggu tanggal 6 Februari 2011 waktu setempat. Manager Thin Lizzy, Adam Parsons mengatakan kepada BBC bahwa dia ditemukan meninggal pada hari Minggu pagi.

Sebelumnya : Diskografi Yngwie Malmsteen

Selanjutnya : Diskografi Gary Moore

Tidak ada komentar:

Posting Komentar