Biografi Mus Mujiono

Biografi Mus Mujiono

Sejarah Mus Mujiono

Mus Mujiono lahir di Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 15 Maret 1960, dia merupakan seorang musisi jazz kondang Indonesia. Nono adalah nama panggilan akrab beliau.
Dia sangat menyukai musik dan menguasai hampir semua alat musik dari mulai keyboard, drum, gitar, dan saksofon. Nono juga mendapat julukan sebagai 'George Benson-nya Indonesia'. Nono besar di keluarga musisi. Ayahnya dan kakaknya Mus Mulyadi merupakan musisi keroncong. Sejak kelas enam SD, Nono sudah belajar gitar. Pada usia 18 tahun, Nono telah memiliki band sengan nama The Hands, bersama band tersebut Nono pun memulai rekaman.

Awal Popularitas



Popularitas Nono terangkat bersama The Hands, grup musiknya. Mereka sangat terkenal terutama dengan lagu "Hallo Sayang". Sayangnya tak lama kemudian, mereka bubar. Nono pun bersolo karier dan sampai menghasilkan tujuh album. Nono belajar jazz dari Jun Sen, gitaris jazz terkemuka asal Surabaya seangkatan Bubi Chen. Dari musisi yang juga pengusaha alat musik itulah ia mulai mengenal berbagai teori jazz. Nono juga belajar privat gitar klasik, agar bisa membaca not balok dengan baik. Pada tahun 1980-an Nono tertarik pada George Benson, karena kesederhanaan permainan gitarnya.
Nono pu memulai mempelajari teknik scating karena terinspirasi oleh Benson. Pada tahun 1995 bersama Glenn Fredly (vokal), Inang Masalo (drum), Yance Manusama (bass), Eka Bhakti (kibor) dan Irvan Chesmala (kibor), berdirilah Funk Section, dengan Nono pada gitar. Mereka membuat album perdana bertajuk "Terpesona". Namun album ini tidak begitu sukses di pasaran, alhasil band inipun bubar.
Tahun 2004, bersama grup Canizzaro merilis album "Reinkarnasi Canizzaro" yang mengandalkan tembang Seperti Dulu (dengan menghadirkan Trie Utami sebagai bintang tamu). Di usianya yang tengah menginjak 55 tahun, dia bersama dengan Agus Dhukun, Erren Dwi Pratiwi alias Tiwi KDI 4, Irghi Barens, Vino D Rossy
dan Deddy Namoza, tetap ingin berkarya dengan mendirikan A-Dhu Band. Delapan lagu telah disiapkan untuk mengisi album perdana mereka. Sebagian lagu dalam album tersebut diciptakan oleh Nono. Judul-judul lagu di album A-Dhu Band antara lain Sedaci, Siti Djainab, Ini Duniaku, Dosa Cinta?, Kejujuran Cinta Agus Dhukun, Ly, aku Adalah aku dan Mba Yayu.

Sebelumnya : Diskografi Vina Panduwinata

Selanjutnya : Diskografi Mus Mujiono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar