Biografi Europe

Biografi Europe

Sejarag Band

Awalnya Band ini dibentuk tahun 1979 di Upplands Väsby, Stockholm, Swedia, oleh Joey Tempest (vokalis), John Norum (gitaris), Peter Olsson (bassis), dan Tony Reno (drummer) dengan nama "Force".
Namun setelah berhasil menjuarai kontes musik tingkat nasional, kemudian mereka mengganti nama menjadi Europe. Pada tahun 1981, bassis Peter Olsson keluar dan diganti John Leven. Tahun 1985 drummer Tony Reno digantikan Ian Haugland eks drummer grup Trilogy. Pemain keyboards Mic Michaeli juga direkrut untuk memperkuat formasi band.
Mereka meraih popularitasnya di era 1980an sampai dengan awal dekade 1990. Awalnya grup ini beraliran
progressive metal. Namun setelah menambahkan unsur keyboards di dalam musiknya, Europe mulai mendunia dan mengubah genrenya menjadi Hard Rock. Lagu "The Final Countdown" sangat didominasi oleh suara keyboards, lagu ini merupakan lagu terpopuler dan menjadikan Europe sebagai salah satu band hard rock papan atas dunia. Europe berhasil menjual lebih dari 20 juta rekaman di seluruh dunia.
Dua album pertamanya diedarkan terbatas pada tahun 1982 dan 1984, Europe dan Wings of Tomorrow.
Keduanya mendapat sambutan cukup baik di Jepang dan Skandinavia. Europe mendunia dan mencapai popularitas tinggi pada tahun 1986 melalui album ketiga The Final Countdown. Album ini menghasilkan hit fenomenal "The Final Countdown" yang merajai tangga lagu nomor 1 di 26 negara. Singelnya terjual sekitar 8 juta kopi. Albumnya sendiri terjual sekitar 6,5 juta kopi. Lagu lain di album ini seperti "Carrie", "Rock The Night", dan "Cherokee" melejit menjadi hit dunia. Akhir 1986 gitaris John Norum keluar karena perbedaan pandangan dengan personel lain dalam arah musik Europe.

Kembali Berkarir Setelah Masa Kevakuman


Setelah sempat memutuskan untuk istirahat sekitar tahun 1993, akhirnya Europe kembali ke blantika rock dunia pada tahun 2003 Europe memutuskan untuk kembali ke kancah musik rock dengan formasi klasik mereka era "The Final Countdown", Joey Tempest (vokal), John Norum (gitar), Mic Michaeli (keyboards),
John Leven (bass), dan Ian Haugland (drum). Kemudian mereka merilis Album Bag of Bones
pada tangga 18 April 2012 di Jepang dan 25 April 2012 Swedia. Album ini mendapatkan banyak pujian karena menampilkan warna hardrock yang murni.

Sebelumnya : Diskografi Biohazard

Selanjutnya : Diskografi Europe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar